sebelum memulai penulisan sebuah pemrograman alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu ada aturan apa saja didalam penulisan programnya dan bagaimana penggunaan aturan tersebut... ok baiklah.. tidak perlu banyak kata... kali ini saya akan membagi materi. apa sih yang dimaksud identifier?... apa sih itu variabel?... type data penulisannya seperti apa sih? dan apa itu kegunaan komentar dalam sebuah program.... yuk.. mari kita simak baik2 materi berikut ini.

1. berkenalan dengan "IDENTIFIER"
apa sih itu identifier?....       
Pengenal (identifier) adalah suatu nama yang di gunakan dalam program untuk menyatakan variable, fungsi, dll. Aturan yang berlaku untuk pemberian nama suatu identifier adalah sebagai berikut:
yang diperbolehkan
  1. diawali dengan sebuah huruf . Terdiri dari huruf capital atau huruf kecil.
  2. Sisa-nya dapat berupa angka , huruf atau garis bawah (_).
  3. Huruf kecil dan huruf capital di bedakan pada pengenal. Misal: alamat dan Alamat adalah dua buah pengenal yang berbeda (case-sensitive).
Yang tidak diperbolehkan
  1. Tidak boleh di awali dengan angka. Misal : 3bulan
  2. menggunakan keyword (istilah yang digunakan dalam bahasa C++)
  3. tidak boleh menggunakan karakter ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
  4. Tidak boleh menggunakan spasi.
  5. Panjang karakter maksimal hanya 32 karakter, sisanya akan diabaikan.
Lihat tabel contoh berikut :
Contoh benar
Contoh salah
n

bilangan

semester_1

PERUSAHAAN


Semester 1 (ada spasi)

3bulan (diawali dengan angka)

modal*bunga (ada tanda * (karakter))

double (keyword yang digunakan dalam bahasa c++)




Berikut ini adalah kata – kata yang tidak boleh digunakan dalam identifier :
Keywords dalam ANSI C
(ANSI = American National Standards Institute)
Keywords tambahan dalam TURBO C
Selain keywords yang ada pada ANSI C, Turbo C menambah beberapa keywords yaitu:
Selain keywords yang ada pada ANSI C, C++ menambah beberapa keywords yaitu
  1. Auto
  2. break
  3. case
  4. char
  5. const
  6. continue
  7. default
  8. do
  9. double
  10. else
  11. enum
  12. extern
  13. float
  14. for
  15. goto
  16. if
  17. int
  18. long
  19. register
  20. return
  21. short
  22. signed
  23. sizeo
  24. static
  25. struct
  26. switch
  27. typedef
  28. union
  29. unsigned
  30. void
  31. volatile
  32. while


  1. asm
  2. cdecl
  3. far
  4. huge
  5. interupt
  6. near
  7. pascal



  1. Asm
  2. class
  3. delete
  4. friend
  5. inline
  6. new
  7. operator
  8. private
  9. protected
  10. public
  11. template
  12. this
  13. virtual







2. berkenalan dengan "TYPE DATA"

pada dasarnya C++ memiliki 7 tipe data dasar
tipe data dasar :
  1. char (character), tipe data ini memiliki bentuk karakter tunggal (kecuali string), memiliki ukuran memory 1 Byte (8 bit) dengan jangkauan nilai -128 s/d 127. contoh sebuah karakter yaitu A, f, 9 atau *
  2. int (interger), tipe data ini merupakan bentuk bilangan bulat dengan ukuran memory 4 Byte dengan jangkauan nilai -2,147,435,648 s.d 2,147,435,647.
  3. short, type data ini juga merupakan bentuk bilangan bulat dengan ukuran memory 2 Byte dengan jangkaun nilai -32768 s/d 32767.
  4. long, tipe data ini merupakan bentuk bilangan bulat dengan memory 4 Byte dengan jangkauan nilai -2,147,435,648 s.d 2,147,435,647.
  5. float, tipe data berbentuk bilangan pecahan (real) dengan ketelitian rendah (5-7 digit) dengan ukuran memory 4 Byte dengan jangkauan nilai 3,4 x 10-38 s/d 3,4 x 10+38
  6. double, tipe data ini hampir sama dengan tipe data float dengan tingkat presisi yang lebih tinggi dan memiliki memory 8 Byte dengan jangkauan nilai 1,7 x 10-308 s/d 1,7 + 308, dengan jumlah digit antara 15-16 digit.
  7. long double, tipe data ini sama dengan tipe data duoble, namun memiliki memory dan jangkauan yang lebih besar. Dengan memory 10 byte dan dengan jumlah digit sebanyak 19 digit.


Untuk lebih mudahnya coba lihat tabel berikut ini :


Tipe Data
Fungsi
Ukuran
Range
Char
Untuk menyimpan sebuah karakter
1 byte
-128 s/d 127
Short Int



Untuk menyimpan bilangan bulat dengan range rendah
2 byte
-32,768 s/d 32,767
(bisa berbeda pada compiler yang berbeda)

Int
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan range tinggi

4 byte
-2,147,483,648 s/d 2,147,483,647
Long int
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan range tinggi
4 byte
-2,147,483,648 s/d 2,147,483,647
Float
Untuk menyimpan bilangan real dengan range rendah
4 byte
+/-3.4E+/-3.8 (5 sampai 7 digit)
Double
Untuk menyimpan bilangan real dengan range tinggi
8 byte
+/-1.7E+/-308 (15-16 digit)
Long double
Untuk menyimpan bilangan real dengan range tinggi
10 byte
+/-3.4E+/-4932 (19 digit)


Penggunaan tipe data yang tepat harus disesuaikan dengan data yang akan diolah. Sebagai contoh, jika kita ingin memproses bilangan bulat, anda bisa memilih short , int, atau long. Namun, manakah dari ketiga data yang digunakan? Untuk memudahkannya gunakan pedoman berikut supaya tidak bingung :
  • pilih type data yang memiliki memori paling sedikit, tetapi
  • bisa menampung kemungkinan yang akan terjadi.





  3. berkenalan dengan "VARIABEL"
apa itu variabel?....

          Variabel adalah suatu nama yang menyatakan tempat dalam memory computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat di ubah sewaktu-waktu ketika program sedang di eksekusi.
Langkah pembuatan variabel ada dua langkah :
1. Deklarasi
2. Inisialisasi
Pendeklarasian variable digunakan untuk memesan lokasi dalam memori computer dan menentukan tipe dari data yang dapat di simpan dalam variabel.

a. Cara pedeklarasian adalah sebagai berikut:
  1. antara tipe data dengan nama variabel dipisahkan dengan spasi. (tanda biru untuk type data yang digunakan dan tanda ungu adalah nama variabelnya)
    type_data nama_variabel;

contoh :
- int a; (variabel a dengan type int)
- char huruf; (variabel huruf dengan type char
- long int jum_penduduk; (variabel jum_penduduk bertipe long int)


    1. apabila ada ada variabel dengan type data yang sama maka variabel tersebutbisa dijadikan sebuah pernyataan saja dengan dipisahkan tanda koma ( , )
contoh :
int a;
int b;
int c;
karena variabel ketiganya sama maka dapat kita gabungin jadi satu menjadi
    int a, b, c;





b. inisialisasi variabel

Inisialisasi adalah pemberian nilai pada variabel. Proses ini dilakukan setelah variabel di deklarasikan. Untuk memberikan nilai di gunakan tanda “sama dengan” (=) kemudian nilai yang di isikan ke variabel di letakkan di sebelah kanan tanda.
Variabel = nilai;
- int a;
a = 100;
-char huruf;
huruf = a






4. berkenalan dengan "komentar"
  

apa itu komentar?....
        
          komentar adalah penjelasan dari algoritma dan keterangan - keterangan program yang telah kita tuliskan sehingga mudah untuk di pahami oleh orang lain yang akan memudahkan dalam pemeliharaan (maintenanc) program yang telah kita buat. Komentar tidak akan terbaca oleh program yang kita buat. Intinya komentar itu sebuah keterangan untuk memperjelas. 

komentar dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1. menggunakan tanda //
      digunakan untuk menuliskan komentar yang terdiri dari 1 baris saja, gaya penulisan ini hanya di kenal di C++. untuk lebih memahami maksudnya kamu bisa lihat contoh :

#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
cout <<"ini adalah contoh"<<endl; // tipe keluaran program
return 0;
}


contoh gambar hasil :


2. menggunakan tanda /*...*/
     berbeda dengan menggunakan tanda // komentar dengan menggunakan tanda ini bisa digunakan untuk menuliskan komentar sebanyak satu baris atau lebih. komentar dimulai dengan tanda /* dan akan berakhir sampai di temukan tanda */. untuk lebih jelas tentang penggunaannya kamu bisa lihat contoh berikut.


#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
cout <<"ini adalah contoh"<<endl; /* tipe keluaran program
ini adalah contoh*/
return 0;
}


demikian sedikit ilmu yang bisa saya bagikan.... sebagai pengenalan sebelum memasuki materi pemrogramannya. semoga mudah difahami dan dimengerti. . . terimakasih telah membaca dan mempelajari artikelnya. .  :)