sebelum memulai penulisan sebuah pemrograman alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu ada aturan apa saja didalam penulisan programnya dan bagaimana penggunaan aturan tersebut... ok baiklah.. tidak perlu banyak kata... kali ini saya akan membagi materi. apa sih yang dimaksud identifier?... apa sih itu variabel?... type data penulisannya seperti apa sih? dan apa itu kegunaan komentar dalam sebuah program.... yuk.. mari kita simak baik2 materi berikut ini.
1. berkenalan dengan "IDENTIFIER"
apa sih itu identifier?....
Pengenal
(identifier) adalah suatu nama yang di gunakan dalam program untuk
menyatakan variable, fungsi, dll. Aturan yang berlaku untuk
pemberian nama suatu identifier adalah sebagai berikut:
yang
diperbolehkan
- diawali dengan sebuah huruf . Terdiri dari huruf capital atau huruf kecil.
- Sisa-nya dapat berupa angka , huruf atau garis bawah (_).
- Huruf kecil dan huruf capital di bedakan pada pengenal. Misal: alamat dan Alamat adalah dua buah pengenal yang berbeda (case-sensitive).
Yang
tidak diperbolehkan
- Tidak boleh di awali dengan angka. Misal : 3bulan
- menggunakan keyword (istilah yang digunakan dalam bahasa C++)
- tidak boleh menggunakan karakter ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
- Tidak boleh menggunakan spasi.
- Panjang karakter maksimal hanya 32 karakter, sisanya akan diabaikan.
Lihat
tabel contoh berikut :
Contoh benar
|
Contoh salah
|
n
bilangan
semester_1
PERUSAHAAN
|
Semester 1 (ada spasi)
3bulan (diawali dengan angka)
modal*bunga (ada tanda * (karakter))
double (keyword yang digunakan dalam bahasa
c++)
|
Berikut ini adalah kata –
kata yang tidak boleh digunakan dalam identifier :
Keywords dalam ANSI
C
(ANSI = American National Standards Institute)
|
Keywords tambahan
dalam TURBO C
Selain keywords yang ada pada ANSI C, Turbo C
menambah beberapa keywords yaitu:
|
Selain keywords yang ada pada ANSI C, C++
menambah beberapa keywords yaitu
|
|
|
|
2. berkenalan dengan "TYPE
DATA"
pada
dasarnya C++ memiliki 7 tipe data dasar
tipe data dasar :
tipe data dasar :
- char (character), tipe data ini memiliki bentuk karakter tunggal (kecuali string), memiliki ukuran memory 1 Byte (8 bit) dengan jangkauan nilai -128 s/d 127. contoh sebuah karakter yaitu A, f, 9 atau *
- int (interger), tipe data ini merupakan bentuk bilangan bulat dengan ukuran memory 4 Byte dengan jangkauan nilai -2,147,435,648 s.d 2,147,435,647.
- short, type data ini juga merupakan bentuk bilangan bulat dengan ukuran memory 2 Byte dengan jangkaun nilai -32768 s/d 32767.
- long, tipe data ini merupakan bentuk bilangan bulat dengan memory 4 Byte dengan jangkauan nilai -2,147,435,648 s.d 2,147,435,647.
- float, tipe data berbentuk bilangan pecahan (real) dengan ketelitian rendah (5-7 digit) dengan ukuran memory 4 Byte dengan jangkauan nilai 3,4 x 10-38 s/d 3,4 x 10+38
- double, tipe data ini hampir sama dengan tipe data float dengan tingkat presisi yang lebih tinggi dan memiliki memory 8 Byte dengan jangkauan nilai 1,7 x 10-308 s/d 1,7 + 308, dengan jumlah digit antara 15-16 digit.
- long double,
tipe data ini sama dengan tipe data duoble, namun memiliki memory
dan jangkauan yang lebih besar. Dengan memory 10 byte dan
dengan jumlah digit sebanyak 19 digit.
Untuk
lebih mudahnya coba lihat tabel berikut ini :
Tipe Data
|
Fungsi
|
Ukuran
|
Range
|
Char
|
Untuk menyimpan sebuah karakter
|
1 byte
|
-128 s/d 127
|
Short Int
|
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan
range rendah
|
2 byte
|
-32,768
s/d 32,767
(bisa
berbeda pada compiler yang berbeda)
|
Int
|
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan
range tinggi
|
4 byte
|
-2,147,483,648 s/d
2,147,483,647
|
Long int
|
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan
range tinggi
|
4 byte
|
-2,147,483,648 s/d
2,147,483,647
|
Float
|
Untuk menyimpan bilangan real dengan
range rendah
|
4 byte
|
+/-3.4E+/-3.8 (5 sampai 7
digit)
|
Double
|
Untuk menyimpan bilangan real dengan
range tinggi
|
8 byte
|
+/-1.7E+/-308 (15-16
digit)
|
Long double
|
Untuk menyimpan bilangan real dengan
range tinggi
|
10 byte
|
+/-3.4E+/-4932 (19 digit)
|
Penggunaan tipe data yang tepat
harus disesuaikan dengan data yang akan diolah. Sebagai contoh, jika
kita ingin memproses bilangan bulat, anda bisa memilih short , int,
atau long. Namun, manakah dari ketiga data yang digunakan? Untuk
memudahkannya gunakan pedoman berikut supaya tidak bingung :
- pilih type data yang memiliki memori paling sedikit, tetapi
- bisa menampung kemungkinan yang akan terjadi.
3. berkenalan dengan "VARIABEL"
apa itu variabel?....
Variabel adalah
suatu nama yang menyatakan tempat dalam memory computer yang
digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat di ubah
sewaktu-waktu ketika program sedang di eksekusi.
Langkah pembuatan
variabel ada dua langkah :
1.
Deklarasi
2.
Inisialisasi
Pendeklarasian
variable digunakan untuk memesan lokasi dalam memori computer dan
menentukan tipe dari data yang dapat di simpan dalam variabel.
a. Cara
pedeklarasian adalah sebagai berikut:
- antara tipe data dengan nama variabel dipisahkan dengan spasi. (tanda biru untuk type data yang digunakan dan tanda ungu adalah nama variabelnya)type_data nama_variabel;
contoh :
- int
a; (variabel a
dengan type int)
- char
huruf; (variabel huruf
dengan type char
- long
int jum_penduduk; (variabel
jum_penduduk bertipe long
int)
- apabila ada ada variabel dengan type data yang sama maka variabel tersebutbisa dijadikan sebuah pernyataan saja dengan dipisahkan tanda koma ( , )
contoh :
int a;
int b;
int c;
karena variabel
ketiganya sama maka dapat kita gabungin jadi satu menjadi
int a, b, c;
b. inisialisasi
variabel
Inisialisasi
adalah pemberian nilai pada variabel. Proses ini dilakukan setelah
variabel di deklarasikan. Untuk memberikan nilai di gunakan tanda
“sama dengan” (=) kemudian nilai yang di isikan ke variabel di
letakkan di sebelah kanan tanda.
Variabel
= nilai;
-
int a;
a = 100;
-char huruf;
huruf = a
4. berkenalan dengan "komentar"
apa itu komentar?....
komentar adalah penjelasan dari
algoritma dan keterangan - keterangan program yang telah kita
tuliskan sehingga mudah untuk di pahami oleh orang lain yang akan
memudahkan dalam pemeliharaan (maintenanc) program yang telah kita
buat. Komentar tidak akan terbaca oleh program yang kita buat.
Intinya komentar itu sebuah keterangan untuk memperjelas.
komentar dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1. menggunakan
tanda //
digunakan untuk
menuliskan komentar yang terdiri dari 1 baris saja, gaya penulisan
ini hanya di kenal di C++. untuk lebih memahami maksudnya kamu bisa
lihat contoh :
#include
<iostream>
using
namespace std;
int main
()
{
cout
<<"ini adalah contoh"<<endl; //
tipe keluaran program
return 0;
}
contoh gambar hasil :
2. menggunakan tanda /*...*/
berbeda dengan
menggunakan tanda // komentar dengan menggunakan tanda ini bisa
digunakan untuk menuliskan komentar sebanyak satu baris atau lebih.
komentar dimulai dengan tanda /* dan akan berakhir sampai di temukan
tanda */. untuk lebih jelas tentang penggunaannya kamu bisa lihat
contoh berikut.
#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
cout <<"ini adalah
contoh"<<endl; /* tipe keluaran program
ini adalah contoh*/
return 0;
}
demikian sedikit ilmu yang bisa saya bagikan.... sebagai pengenalan sebelum memasuki materi pemrogramannya. semoga mudah difahami dan dimengerti. . . terimakasih telah membaca dan mempelajari artikelnya. . :)
0 Comments